Implementasi Metode Qowa’id wa Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Rohmaniyah Lumajang

Penulis

  • Siti Aisyah IAI Miftahul Ulum Lumajang

Abstrak

Keterampilan Membaca (Maharah Qira’ah) merupakan salah satu keterampilan yang cukup menantang untuk dipelajari, karena memerlukan pemahaman mendalam terhadap gramatika bahasa Arab (Qawaid), kosakata (Mufradat), serta kemampuan memahami makna teks yang dibaca. Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Rohmaniyah adalah salah satu pesantren yang menerapkan Metode Qawaid dan Terjemah dalam pembelajaran Maharah Qira’ah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode tersebut serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya di pesantren tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi lapangan. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Madin Pondok Pesantren Rohmaniyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Qawaid dan Terjemah dalam meningkatkan keterampilan membaca di pesantren ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu: Fase Isti’dadiyah (Persiapan), Fase Pelaksanaan, Fase Evaluasi. Faktor Pendukung yaitu Semangat santri dalam mempelajari Maharah Qira’ah dengan metode Qawaid dan Terjemah didukung oleh beberapa faktor, antara lain: Tuntutan kenaikan jenjang pendidikan, Adapun Faktor Penghambat yaitu beberapa kendala dalam penerapan metode Qawaid dan Terjemah di pesantren ini antara lain: Terbatasnya media pembelajaran, Waktu pembelajaran yang terbatas

Diterbitkan

2024-12-30

Terbitan

Bagian

Articles