Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII di Sekolah Al-Jam'iyyah Al-washliyyah 40 Tinokkah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara

Penulis

  • Siti Anissa Sari Febriyanti Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah
  • Tiy Kusmarrabbi Karo Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah
  • Ade Muhammad Ritonga Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah

DOI:

https://doi.org/10.55120/alahruf.v2i02.2163

Kata Kunci:

Validitas, realibilitas, Tingkat kesukaran, daya beda, distraktor

Abstrak

Analisis Butir Soal adalah proses mengkaji kualitas setiap soal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui validitas soal, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distraktor soal ujian akhir sekolah pelajaran bahasa Arab siswa kelas 7 MTS Al-washliyah 40 Tinokkah, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan aplikasi anates 4.0.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validitas soal adalah 14% dan 16%. Adapun reliabilitas mencapai 0,17 yang menunjukkan rendahnya reliabilitas. Persentase soal dengan tingkat kesukaran mudah adalah 18% dan 24%, soal dengan tingkat kesukaran sedang adalah 24% dan 16%. Soal yang tergolong sulit sebesar 8% dan 0%. Persentase soal dengan daya pembeda rendah adalah 8% dan 0%, soal yang dapat diterima sebesar 16% dan 0%, soal dengan daya pembeda sedang sebesar 16% dan 24%, soal dengan daya pembeda baik sebesar 18% dan 16%, soal yang sangat baik sebesar 2% dan 0%. Persentase distractor yang menunjukkan baik sekali adalah 44% ,  8% menunjukkan baik , 8% menunjukkan cukup. Tidak ada distraktor yang menunjukkan nilai kurang baik dan buruk.

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Articles