Dinamika Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Santri dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab (Mufradat): Studi Kasus di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Jember
DOI:
https://doi.org/10.55120/alahruf.v2i02.2386Kata Kunci:
Dynamics of Motivation, Vocabulary Memorisation, Islamic Boarding SchoolsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika motivasi intrinsik dan ekstrinsik di kalangan siswa dalam menghafal kosakata bahasa Arab (mufradat) di Pondok Pesantren Bustanul Ulum di Mlokorejo, Jember. Masalah penelitian berfokus pada interaksi kompleks antara kedua jenis motivasi ini dalam konteks unik pendidikan pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis secara tematik. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa motivasi santri mengalami transformasi dinamis, membentuk "lintasan motivasi," dari motivasi ekstrinsik (seperti takut hukuman atau malu) menuju motivasi yang lebih terinternalisasi dan intrinsik, dipicu oleh kesadaran akan nilai dan manfaat kosakata untuk memahami kitab kuning serta lingkungan pesantren yang mendukung internalisasi nilai. Temuan ini menyoroti pentingnya strategi pendidikan yang tidak hanya mengandalkan disiplin eksternal tetapi juga secara aktif membangun jembatan menuju motivasi intrinsik.






