Strategies for Handling Students' Negative Behavior in Arabic Subject Classes
Strategi penanganan Negatif siswa kelas Bahasa arab
DOI:
https://doi.org/10.55120/alahruf.v2i02.2394Abstrak
Abstrak
Penelitian ini mengkaji strategi guru dalam menangani perilaku negatif siswa di kelas bahasa Arab. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi bentuk perilaku negatif yang umum muncul di empat keterampilan bahasa—membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara—serta menelaah pendekatan pedagogis yang efektif dalam menanganinya. Menggunakan metode kualitatif melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru di MTs Negeri 1 Situbondo, data dikumpulkan dan dianalisis untuk menemukan pola dan strategi dalam pengelolaan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi proaktif seperti penetapan aturan yang jelas, komunikasi empatik, dan intervensi tepat waktu sangat penting untuk mengurangi perilaku mengganggu. Selain itu, kesadaran guru terhadap karakteristik siswa turut meningkatkan efektivitas pengelolaan kelas. Diskusi menegaskan pentingnya strategi yang kontekstual dan menyarankan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru guna mendukung disiplin kelas yang berkelanjutan. Keterbatasan penelitian meliputi ruang lingkup sampel yang terbatas dan penggunaan pendekatan kualitatif, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut di berbagai jenjang pendidikan dan konteks berbeda. Secara umum, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman teoritis dan praktik pengelolaan perilaku dalam pembelajaran bahasa asing.
Kata Kunci: Pengelolaan Perilaku, Pengajaran Bahasa Arab, Strategi Guru, Disiplin Kelas, Perilaku Siswa
Referensi
Ahmadi, Rulan, “Metodologi Penelitian Kualitatif” (Yogyakarta: Ar- Ruz Media, 2014)
Ch. Sella, "Pengelolaan Kelas Bahasa Inggris Sekolah Dasar Pangudi Luhur Yogyakarta," (Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma, 2015)
Cresswell, John W.. Perencanaan Penelitian Pendidikan, Menyelenggarakan dan Mengevaluasi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, edisi ke-4. (Boston: Pearson Education, Inc., 2010)
Dalgıc, Gulay dan Guzide Bayhan. "Meta-Analisis: Perilaku Buruk Siswa yang Memengaruhi Manajemen Kelas". Jurnal Ilmu Pendidikan Siprus. Vol. 9.
Marais, Petro dan Corinne Meier, "Perilaku yang mengganggu dalam Fase Dasar sekolah". Jurnal Pendidikan Afrika Selatan, vol.30, 2010.
Matahari, Rachel C. F dan Daniel TL Shek. "Perilaku Kelas Siswa: Studi Eksplorasi Berdasarkan Persepsi Guru" The ScientificWorld Journal Volume 2012.
Merah, W George. "Ensiklopedia SAGE Manajemen Kelas". (AS : Publikasi SAGE, 2015)
Newman, Isadore dan Carolyn R. Benz, Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif: Menjelajahi Kontinum Interaktif (Illinois: Southern Illinois University Press, 1998)
Pembelajar Remaja, Karakteristik Pelatihan Tim Inti MS Fase 1, Musim Panas 2007
Rahimi, Mehrak dan Fatameh Hosseini K, Strategi disiplin kelas guru EFL: Perspektif siswa", Prosedural - Ilmu Sosial dan Perilaku. 2014
Rahimi, Mehrak dan Fatemeh Hosseini Karkami, Peran disiplin kelas guru dalam efektivitas pengajaran mereka dan motivasi dan prestasi belajar bahasa siswa: Metode jalur. Universitas Urmia.
Ryan, Alberyk.“English Classroom Management Strategy in SMP Immaculata Yogyakarta. (Yogyakarta : Universitas Sanata Darma Yogyakarta,2017)
Susan dan James, "Keyakinan dan Tanggapan Guru Terhadap Perilaku Buruk Siswa: Pengaruh Defisit Keterampilan Kognitif" Jurnal Psikologi Sekolah Terapan, Volume 33, 2017
Tauber, Robert T. "Manajemen Kelas: teori yang baik dan praktik yang efektif". Amerika Serikat, 2007.
- Sandya - Dr T Shrimathy Venkatalakshmi, "Pendidikan Bahasa Inggris - dari Metode Masa Lalu ke era Metode Pos di India". Vol. 18 No. 2, 2016. 8 Volume 2 No 1, Mei 2012.
Walters, James dan Shelly Frei. Mengelola Perilaku dan Disiplin Kelas. Amerika Serikat : Shell Education, 2007.
Xinrui, Yuan. "Bagaimana Menangani Perilaku Buruk di Kelas?".
Yohannes, Tilahun "Manajemen Perilaku Buruk Kelas Di Kelas Pendidikan Jasmani Badewacho Woreda Timur Dan Kota Administratif Bersinar Di Sekolah Menengah Dan Persiapan Terpilih" (Ethiopia: Universitas Addis Ababa) 2016.
Yusuf Özturk, "Perilaku Buruk Siswa di Kelas EFL: Persepsi Guru Pra dan Dalam Layanan". Jurnal Pendidikan dan Praktek. Vol.8, No.29, 2017






