Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Mahasiswa PBA IAI Miftahul Ulum Lumajang
Kata Kunci:
Social Media, Vocabulary, Arabic Language LearningAbstrak
Penguasaan kosakata merupakan elemen penting dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama bagi mahasiswa Program Studi PBA. Di era digital, media sosial menjadi media alternatif yang potensial untuk menunjang penguasaan kosakata secara lebih efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran media sosial dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab mahasiswa PBA IAI Miftahul Ulum Lumajang serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial seperti TikTok, YouTube, Instagram, dan Facebook dapat meningkatkan motivasi belajar, memberikan akses pembelajaran yang luas, dan memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri. Adapun faktor pendukung mencakup kemudahan akses dan keberagaman konten, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan akses internet, waktu belajar yang terbatas di pesantren, dan kualitas konten yang tidak selalu akurat. Oleh karena itu, penggunaan media sosial perlu dilakukan secara selektif dan didampingi bimbingan pendidik agar efektif dan sesuai tujuan pembelajaran.