Analysis of Student Religious Maturity Development Through the Role Model of Educators in Surah Al-Ahzab Verse 21
Analysis of Student Religious Maturity Development Through the Role Model of Educators in Surah Al-Ahzab Verse 21
Abstract
Artikel ini membahas model pembinaan kematangan beragama peserta didik melalui role model pendidik dalam surat al-ahzab ayat 21. Penelitian ini menggunakan Metodologi Deskriptif dengan pengambilan data dari beberapa literature, Analisis data dilakukan dengan melakukan pemilihan artikel yang sesuai. Hasil penelitian adalah metode pendidikan Islam berporos pada uswah atau keteladanan. Dalam memberikan uswah atau keteladanan adalah pendidik, kepala sekolah, dan semua pihak yang bersangkutan dengan sekolah. Dalam bermasyarakat adalah tokoh-tokoh masyarakat khususnya tokoh agama.Para pendidik harus mengambil figur uswah atau keteladanan Nabi Muhammad SAW, para sahabat, tabi’in hingga para ulama salafus shaleh. Karena melalui sanad tauladan yang mutawatir hingga kepada Nabi Muhammad, maka keagungan Nabi Muhammad akan terbaca melalui perilaku para pendidik.
Kata Kunci : Pendidikan, kematangan beragama, peserta didik, pendidik, Al-Ahzab 21
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Studi Islam by Qolamuna is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna