Language Pragmatism in the Development of Arabic Language Communication
Keywords:
Analisis Pengembangan, Komunikasi Bahasa Arab, Pragmatisme William JamesAbstract
Artikel ini membahas pentingnya komunikasi yang efektif dan akurat dalam bahasa Arab, khususnya dalam konteks bisnis, diplomatik, dan sosial di dunia Arab. Ini menekankan perlunya pemahaman yang lebih dalam tentang bahasa untuk memahami humor, ironi, dan perbedaan budaya yang mempengaruhi penggunaan bahasa. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan library research sebagai jenis penelitian dalam penulisan artikel ini. Teknik analisis temuan dengan analisis dan mengintegrasikan teori pragmstis William James. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Integrasi pragmatisme dalam pengembangan komunikasi bahasa Arab disoroti dengan fokus pada signifikansi konteks budaya, relevansi bahasa, dan pemahaman makna dan nuansa budaya. Artikel ini juga menekankan konsekuensi dan tindakan dalam komunikasi, pentingnya makna budaya, dan relevansi pesan dalam konteks budaya yang berbeda. Secara keseluruhan, artikel ini menekankan integrasi pragmatisme dalam pengembangan komunikasi bahasa Arab yang efektif dan sesuai budaya.
Referensi
Afriani, Z. L. (2019). Peran Budaya Dalam Pemerolehan Bahasa Asing. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 42. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1900
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Peran Penting Komunikasi Bisnis Antarbudaya Dalam Era Globalisasi. 9(July), 1–23.
Apriliani, V. D., Santoso, G., & Murtini, E. (2023). Menghargai Perbedaan: Membangun Masyarakat Multikultural. 02(02), 425–432.
Elisabeth Ayuna, N. (2023). Peran Komunikasi Dalam Proses Akulturasi Sistem Sosial Lokal. Technomedia Journal, 8(1 Juni), 35–51. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1.2015
Hadiyanto, A., Samitri, C., & Maria Ulfah, S. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal Dan Moderasi Islam di Perguruan Tinggi Negeri. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 117–140. https://doi.org/10.21009/004.01.07
Hambali, D. S., Rizal, A. S., & Nurdin, E. S. (2020). Implementasi Pragmatisme Pada Pendidikan Tinggi Vokasional Abad Xxi. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 5(1), 83–100. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v5i1.7325
Haq, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Problematika dan Solusi dalam Pengembangan Media. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 211–222. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6937
Hasan, A. A. (2020). Arabic Language Learning Curriculum Islamic Boarding School System. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 138–152. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.9985
Hidayah, N., Rusandi, H., Tinggi Ilmu Kesehatan Siti Khadijah Palembang, S., & Bahasa Arab, P. (2023). Dampak Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(1), 89–98. https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JoME
Istiqomah, M., Fadllul Anisa Zahru, & Fadhilaturrahmah, N. W. (2022). Implikasi Aliran Pragmatisme dalam Pendidikan. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(2), 122–126.
Mathematics, A. (2016). Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Arab. 1–23.
Nasarudin. (2023). Pragmatik Teori, Konsep, dan Praktik (S. I. Megah (ed.); 1st ed.). Gita Lentera.
Ogbogu, P. U., Noroski, L. M., Arcoleo, K., Reese, B. D., & Apter, A. J. (2022). Methods for Cross-Cultural Communication in Clinic Encounters. Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, 10(4), 893–900. https://doi.org/10.1016/j.jaip.2022.01.010
Paramita, S., & Sari, W. P. (2016). Intercultural Communication to Preserve Harmony Between Religious Group in Jaton Village Minahasa (Komunikasi Lintas Budaya dalam Menjaga Kerukunan antara Umat Beragama di Kampung Jaton Minahasa). Journal Pekommas, 1(2), 153. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010205
Samosir, E. M., & Bukidz, D. P. (2023). The Relevance of Liberal Arts in the Digital Age : A Literature Review Relevansi Liberal Arts di Era Digital : Tinjauan Literatur. 2(3), 305–318.
Sanyata, S. (2012). Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Konseling. Jurnal Paradigma, 7(14), 2–3.
Shodiq, M. J. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Aktif-Inovatif Berbasis Multiple Intelligences. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 125–148. https://doi.org/10.14421/almahara.2018-041-07
Topan, M. (2020). Pragmatisme Dalam Pendidikan Di Indonesia: Kritik Dan Relevansinya. Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Islam Dan Budaya, 1(1), 16–26. http://jurnal.stitalihsan.ac.id/index.php/alidrak/article/view/7
Yasin Fatah, M. (2023). Pengajaran Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Filsafat Pendidikan (1st ed.). Eureka Media Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.